TOPKAPPI MUSEUM

Kayak Istana dalam dongeng khan....
                                                                  
Untuk ke tempat ini memang lebih enak pagi dech, soalnya bakalan antri untuk membeli tiket dan antri untuk  masuk kesalah satu ruangan yang berisi perhiasan-perhiasan peninggalan Dinasti Ottoman. Harga tiket masuk 20 TL.
Bangunan Topkapi menyerupai kastil seperti dalam dongeng cerita kerajaan. Gerbang masuk berupa dua sisi menara yang ada kerucutnya. Setiap ruangan saat ini dipergunakan untuk menyimpan benda-benda peninggalan Dinasti Ottoman. Ada beberapa ruangan yang dijaga agak ketat dan masuknya antri banget. Karena pengunjung melihatnya dengan berjalan perlahan dan terkagum-kagum yaitu ruang permata dan perhiasan-perhiasan koleksi pribadi Sultan maupun pemberian dari negara-negara lain.


Selain peninggalan Kekaisaran Ottoman juga terdapat peninggalan keluarga Nabi Muhammad SAW  dan khalifah-khalifah Islam (diruangan ini tidak boleh difoto). Ada rasa haru tanpa saya sadari melihat peninggalan-peninggalan berupa tapak kaki Nabi Muhammad, baju, pedang-pedang Nabi beserta pedang para sahabatnya.

Setelah puas lihat-lihat perhiasan kami menuju halaman belakang. Halaman Belakang pinggir Istana berhadapan langsung  ke Selat Marmara. Sehingga terlihat Galata Bridge dan Bhosporus Brigde. Angin cukup besar saat ini menambah dingin udara  wuiiih rasanya menusuk di sampe ke tulang dinginnya....sehingga kami nga berani berlama-lama di sini.

hiasan dinding di salah satu Ruangan Bangunan Hareem
Selanjutnya kami menuju keluar terdapat bangunan terpisah dari istana utama yaitu bangunan Hareem. Untuk masuk Istana Hareem ini harus membayar 15 TL. (didalamnya sich nga ada apa-apa yach).










FOTO-FOTO DI TOPKAPPI MUSEUM 

Tuchkan rame bener antriannya....
 
akhirnya bisa foto berdua... makasi pak bule...
nyantai dulu ah di rumput....
sekali-kali fotona miring ...xixixixix
cepetan fotona.... dingin nich...brrrrr
 pagi-pagi udah sampe.... rada sepi....

kayakna ini musholla dech... nga boleh masuk...

bangunan Harreem

bangunan istana dari belakang....

Teras belakang menghadap ke selat marmara

 pengen foto disini karena rumputnya bagus...


Back to :  Jalan-Jalan Istanbul & Cappadocia



Next to :  ISTANA DOLMA BACHE

No comments:

Post a Comment