BLUE MOSQUE

tampak depan Blue Mosque
Pagi-pagi kami sudah menuju ke Blue Mosque  atau Sultanahmet Camii ( orang turki biasa menyebutnya). karena kami yakin masih sepi sehingga enak buat foto-foto selain itu udara relatif cerah. Masuk ke Blue Mosque tidak ada tiket jadi bebas gratis (karena mesjid kali yach jadi gratis).
Langit saat itu amat cerah berwarna biru yang sangat indah menambah suka cita di hati. Setibanya dilokasi memang masih sepi namun sudah banyak aktivitas para pedagang buku-buku tentang Istanbul atau Turki (siap-siap dihandang dan ditawarkan). Suhu udara pagi ini 9 derajat Celcius (dingin banget booo) sampe nga nyadar kalo kita make baju sampe 4 lapis maklum dari kampung yang panas ke tempat dingin.
Blue Mosque atau Masjid Biru didirikan tahun 1609 pada dinasti Sultan Ahmed I Masjid ini dikenal dengan nama Masjid Biru karena warna cat interiornya didominasi warna biru. Akan tetapi cat biru tersebut bukan merupakan bagian dari dekor asli masjid, maka cat tersebut dihilangkan. Sekarang, interior masjid ini tidak terlihat berwarna biru. 

Karena kami datang kesini bulan April bisa dikatakan masih masuk dalam musim dingin sehingga pohon-pohon yang ada di sekitar masjid nampak gundul tidak ada daunnya justru menambah keunikan tersendiri. Serta di halaman sekitar masjid ditanamin bunga Tulip yang beraneka warna  menambah keindahan dan keagungan Masjid Biru ini.


Saya dan Suami melakukan sholat berjamaah  di dalam masjid ini dengan perasaan syukur yang tak terkira karena bisa sholat di Masjid besar ini. Kendalanya untuk kaum wanita agak sulit mencari tempat wudhu, dimana yang tersedia hanya tempat wudhu pria.
Umumnya jemaah wanita yang sholat disana tidak menggunakan mukena seperti yang wanita Indonesia gunakan ketika sholat. Jadi saya juga mencoba untuk sholat tidak menggunakan mukena (tetapi tetap harus menggunakan penutup rambut/kepala alias kerudung/jilbab)...... alhamdulilah ternyata tidak menggurangi ke kushukan dan rasa syukur saya  dalam melaksanakan sholat.
Masjid Biru berdekatan juga dengan apa yang dulunya bernama Gereja Kristen Kebijaksanaan Suci atau Hagia Sophia  yang sekarang diubah fungsinya menjadi museum.

FOTO-FOTO DI BLUE MOSQUE
halaman tengah di Masjid
Kubah yang terlukis dengan indah.....

 








Condro sempet-sempetnya ngobrol sama bule.... latihan bahasa ingris yach....:)




Alhamdulilah ... kami sempat sholat Magrib berjamaah di masjid indah ini... subhannallah
Salah Satu Menara Masjid

Halaman depan Masjid ditanamin Tulip Merah....Sama dengan Jaket saya kan..

Blue Mosque malam hari



mejeng dulu ada air mancurnya....

Back To :  Jalan-Jalan Istanbul & Cappadocia

Next To :  HAGIA SHOPIA

No comments:

Post a Comment