HAGIA SOPHIA

Hagia Sophia

Lokasi ini persis berhadapan dengan Blue Mosque jadi kami tinggal menyebrang jalan saja. Masuk ke Hagia Sophia harus membeli tiket masuk sebesar 20 TL (bisa menggunakan kartu kredit). Karena masih agak pagian maka antrian masuk tidak terlalu panjang.

Hagia Sophia dahulunya adalah sebuah gereja sampai tahun 1453, yang kemudian berubah menjadi Masjid Aya Sophia pada jaman Sultan Mehmed II. Begitu takjub melihat keharmonisan dari suatu perubahan dimana tidak semua ornamen-ornamen dihancurkan atau dihapus sehingga menambah keunikan dari museum ini.

Konon perubahan menjadi Masjid dapat dilihat dengan adanya penambahan Menara, merubah gambar salib dengan bulan sabit, dan menutupi gambar  dengan cat/kaligrafi serta menambah lambang  bulat kaligrafi Allah, Nabi Muhammad dan 5 sahabatnya.
Pada jaman pemerintahan Mustafa Kemal Ataturk, Hagia Sophia berubah menjadi museum dan dikembalikannya beberapa gambar-gambar yang dulu pernah ada dengan mengerok cat. Terlihat perpaduan antara pernah dipergunakan sebagai gereja dan masjid. 


Yang membuat saya takjub adalah mozaik dari lukisan-lukisan yang terbuat potongan keramik berukuran 1x1 disusun membentuk suatu lukisan. Bisa gitu yach nyusun suatu kecil kecil beda warna menjadi lukisan, butuh ketelitian dan keuletan kayaknya.

FOTO-FOTO DI HAGIA SOPIA 
sebelumnya sebuah gereja lalu menjadi masjid ... sekarang jadi museum

Bagus yach...
senyum dulu  mau di foto nich.....maniskan ... :p

Dilihat dari lantai 2


Mr. Condro mejeng dulu ah.....
Berpose di depan Hagia Sophia museum


Salah satu menara tambahan ketika dijadikan Masjid...

nunggu antrian foto dulua ahhhh..... :)
Pohon nga ada daunnya... malah bikin bagus yach
berlatar  belakang Hagia Sophia.....

mimbarnya nich

tempat imam sholat....

ringkasan sejarah Hagia Sophia
Back To :  Jalan-Jalan Istanbul & Cappadocia


Next To  : Topkappi Museum

No comments:

Post a Comment